Selasa, 29 Maret 2011

Deklarasi Tolak Ekspansi Kebun Sawit

Deklarasi Tolak Ekspansi Kebun Sawit
TUESDAY, 29 MARCH 2011 16:53 IGNATIUS INDRO, REPORTER GREEN RADIO
http://www.greenradio.fm/news/latest/5366-deklarasi-tolak-ekspansi-kebun-sawit-

Puluhan organisasi non pemerintah mendeklarasikan Satu Abad Kejahatan Korporasi Sawit Di Indonesia, yang isinya menolak rencana pemerintah untuk melakukan ekspansi perkebunan sawit seluas 20 juta hektar.

Ketua panitia konferensi alternative 100 tahun sawit, Saurlin Siagian, menilai ekspansi perkebunan sawit itu bersifat merusak dan menyebabkan konflik yang semakin berkepanjangan dengan masyarakat. Ditambah kerusakan lingkungan yang dipicu oleh pembukaan lahan hutan. Deklarasi ini telah diserahkan dalam sidang Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (GAPKI) di Medan.

”Dengan 8 juta hektar perkebunan sawit yang ada saja sudah menyebabkan konflik ratusan ribu petani dengan perkebunan sawit, apa lagi bila ada ekspansi sebesar 20 juta hektar. untuk itu ekspansi tersebut harus ditolak!" tegasnya.

Saurlin Siagian menyesalkan tuduhan GAPKI yang menyatakan deklarasi yang ditandatangani puluhan organisasi non pemerintah ini dibiayai oleh pihak asing. Karena kenyataannya yang ikut adalah organisasi lokal.

”Bukannya perusahaan sawit yang ada didalam GAPKI itu sebagian besar sahamnya dimiliki oleh pihak asing? kenapa malah kita yang dituduh ditunggangi kepentingan asing,” kata Saurlin.

Tidak ada komentar: