Selasa, 26 Juni 2007

Warga berharap sinode agung bisa terwujud

WARGA HKBP BERHARAP SINODE AGUNG HKBP BISA TERWUJUD
MEDAN (SiaR, 13/10/98),"
"Bunyi poster tersebut merupakan aspirasi seluruh warga HKBP", demikian diungkapkan oleh Pdt. SMP Hutasoit, pelaksana tugas Sekjen HKBP SSA-AP usai kebaktian Minggu (11/10) lalu, yang diadakan di gereja HKBP Pearaja, Tarutung.
Memang, sejak Jumat (9/10) lalu warga HKBP SSA-AP telah memasuki kembali Kantor Pusat HKBP yang pada tanggal 16 Januari 1993 telah diambil alih kelompok SSA-Tiara pimpinan Pdt PWT Simanjuntak.
"Jadi kami jelas tidak merebut, tetapi memasuki kembali hak-hak kami yang selama ini dirampas," tegas warga jemaat. Ribuan warga jemaat yang mengikuti kebktian Minggu itu mengharapkan agar penyelenggaraan Sinode Godang HKBP dapat dilaksanakan secara bersama dengan pihak SAI Tiara.
"Pihak SAI Tiara jangan lagi menunda-nunda dengan berbagai dalih," tegas seorang warga jemaat yang mengaku sangat terharu ketika memasuki kompleks Kantor Pusat HKBP tersebut.
Bagi warga SSA-AP, bukan asset kantor yang terpenting, tetapi terutama adalah keutuhan HKBP. "Bagi kami, asset hanya sekedar alat, bukan tujuan akhir. Yang terutama adalah untuk mendesak pisak SAI Tiara agar sesegera mungkin mau berunding dengan adil", tegas warga jemaat lagi. Oleh karena warga SSA-AP mengharapkan agar "Pernyataan kesepakatan" yang diajukan mereka dapat segera ditandatangani pihak SAI Tiara, yaitu Pdt. PWT Simanjuntak.
Menurut salah seorang anggota Tim 18 dari SSA-AP, Pdt. STP Siahaan, pernyataan kesepakatan semestinya sudah harus ditandatangani pada 7 Oktober lalu. Tapi pihak SAI Tiara sampai saat ini selalu mengemukakan berbagai dalih sehingga belum mau menandatangani. Ditambahkan oleh Pdt. Siahaan, bahwa pihak PWT Simanjuntak sampai saat ini belum memberikan komitmen secara tertulis tentang kesediaan mereka melakukan Sinode Godang bersama.
Sementara itu Sekjen SAI Tiara, Pdt SM Siahaan bertekad akan merebut kembali Kompleks Kantor Pusat HKBP yang telah diambilalih pihak SSA-AP. "Kita akan rebut kantor HKBP dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," ujar Pdt. SM Siahaan di gejereja HKBP Kota Tarutung, 11/10/98, sebagaimana dikutip Harian SIB.
Sementara itu di Medan, telah terjadi bentrokan antar warga SSA-AP dengan SAI Tiara di gereja HKBP Jl Mawar Raya, Helvetia pada Minggu siang. Selama ini gereja HKBP Helvetia diduduki oleh SAI Tiara, namun bulan Juni lalu berhasil diambil lagi kelompok SSA-AP. Puluhan warga SAI Tiara pada hari Minggu mencoba mengambilalih gereja tersebut, namun niat mereka berhasil digagalkan. Dalam peristiwa tersebut, jatuh beberapa korban luka-luka, baik dari kelompok SSA-AP maupun SAI Tiara.***
---------- SiaR WEBSITE: http://apchr.murdoch.edu.au/minihub/siarlist

Tidak ada komentar: