Selasa, 20 November 2012

Indonesia Targetkan 2 Juta Hektar Food Estate Hingga 2025

Sri Lestari
Menteri Pertanian Suswono (Jaringnews/Sri Lestari)
Menteri Pertanian Suswono (Jaringnews/Sri Lestari)
Kementerian Pertanian membangun proyek percontohan di tujuh komoditas.
NUSA DUA, Jaringnews.com - Pemerintah Indonesia mendirikan sebuah proyek untuk makanan dan produksi energi yang disebut food estate. Ini adalah rencana pemerintah pusat bekerja sama dengan sektor swasta untuk mengembangkan produksi pertanian di daerah terpencil, terutama di Papua dan Kalimantan. Hingga 2025 pemerintah menargetkan 2 juta hektar wilayah sebagai target untuk food estate.

“Dalam rangka untuk mengamankan cadangan pangan nasional sejak 2007, Pemerintah Indonesia mendirikan food estate, yaitu proyek untuk makanan dan produksi energi, terurtama dikembangkan di daerah terpencil seperti Papua dan kalimantan. Targetnya hingga 2025 mencapai 2 juta hektar wilayah,” kata Menteri Suswono saat menyampaikan penutupan acara  8th Quacquarelli Symonds Asia Pacific Professional Leaders in Education Conference and Exhibition (QS-APPLE), Nusa Dua (16/11).

Dikatakan pula bahwa, selama ini Kemitraan untuk Indonesia Sustainable Agriculture (PISAgro) merupakan inisiatif antara pemerintah dan sektor swasta untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. Kementerian Pertanian membangun proyek percontohan di tujuh komoditas (padi, kelapa sawit, kakao, jagung, susu, kedelai dan kentang) dengan formula 20-20-20, 20 persen meningkatkan hasil, 20 persen pengurangan emisi CO2 dan 20 persen pengurangan kemiskinan. Inisiatif lainnya adalah untuk merumuskan sebuah proyek percontohan dalam kaitannya dengan asuransi pertanian.

“Agar petani dan keluarga petani untuk menjadi lebih produktif, mereka membutuhkan dukungan dalam mengelola risiko yang mereka hadapi. Salah satu upaya adalah melalui perumusan kemitraan antara petani petani kecil dan industri,” tambahnya.

(Sri / Ara)
http://jaringnews.com/ekonomi/sektor-riil/27642/indonesia-targetkan-juta-hektar-food-estate-hingga- 

Tidak ada komentar: